Salah satu indahnya keragaman negeriku adalah pembuatan hiasan kain dengan corak batik. Batik sendiri sebenarnya memiliki corak atau motifnya yang khas tersendiri. Dalam rangka mengenalkan budaya nusantara pada siswa Sekolah Dasar (SD) kelas 4 sampai 6, pada hari Rabu, 30 Maret 2022, Sekolah Indonesia Riyadh menyelenggarakan kegiatan workshop membatik teknik jumputan.

Selain bertujuan mengenalkan ragam budaya nusantara, kegiatan workshop membatik dengan Teknik jumputan juga bertujuan untuk mengenalkan proses produksi batik sebagai bagian dari kegiatan ekonomi yang bernilai jual jika dijalankan lebih tekun dan serius. Harapannya, ide-ide untuk membangun jiwa kewirausahaan sudah dilatih sejak dini ke siswa.

Teknik batik jumputan adalah batik yang dibuat melalui teknik ikat dan celup pada warna yang diinginkan. Kain yang digunakan untuk membantik diikat atau dijahit dan dikerut dengan menggunakan tali. Ada dua teknik membuat batik jumputan, yang pertama teknik ikat, dan yang ke dua teknik jahitan. Nah, pada kegiatan tersebut siswa dikenalkan teknik batik kerutan dengan bahan yang lebih terjangkau dan tersedia. Peserta workshop terlihat sangat antusias dan menikmati kegiatan dari awal sampa akhir.

Penulis : Suryanto, S.Pd., M.T

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2020/2021

KLIK DISNI